PERSPEKTIF DOSEN FKUAJ TERHADAP PELATIHAN INTERNET DAN TEKNOLOGI KOMPUTER OLEH E-LEARNING COMMUNITY

Intan Permata Sari, Elisabeth Rukmini

Sari


Latar Belakang: E-Learning Community (eLC) merupakan sebuah komunitas beranggotakan sekelompok mahasiswa yang paham teknologi. eLC bertugas untuk memberikan pelatihan kepada para dosen Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKUAJ) mengenai penggunaan teknologi komputer dan internet, khususnya e-learning.

Tujuan: Untuk mengetahui sikap para dosen FKUAJ mengenai teknologi komputer dan internet, baik sebelum maupun sesudah, diadakannya pelatihan oleh eLC.

Metode: Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, dilakukan pengukuran dengan Internet Attitude Scale (IAS) sebelum, setelah pelatihan, dan satu bulan setelah pelatihan. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara yang dilakukan kepada beberapa dosen yang mengikuti pelatihan. IAS diisi oleh 32 orang dosen yang mengikuti pelatihan. Kelompok ini terbagi dua bagian: 11 dosen yang mengikuti dua kali pelatihan dan 20 dosen yang mengikuti satu kali pelatihan. Data wawancara diperoleh dari 10 orang dosen.

Hasil: Analisis data kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan persepsi dosen mengenai internet dari sebelum pelatihan (mean=3,569) hingga sesudah pelatihan (mean=3,664) meskipun tidak signifikan dengan p=0,318 untuk dosen yang mengikuti satu kali pelatihan dan p=0,651 untuk dosen yang mengikuti dua kali pelatihan. Data kualitatif menunjukkan hasil bahwa para dosen memiliki persepsi yang lebih positif  mengenai e-learning setelah mengikuti pelatihan oleh eLC. Para dosen juga memberikan beberapa kritik dan saran yang membangun untuk perkembangan eLC ini. Selain itu, para dosen juga mendukung aktivitas eLC agar diberlakukan di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya.

Kesimpulan: Pelatihan e-learning oleh eLC memberikan peningkatan perspektif mengenai teknologi komputer dan internet bagi para dosen. Pelatihan oleh eLC dinilai membantu dosen mempelajari e-learning serta memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci


e-learning, e-learning community, perspektif dosen

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Damianus Journal of Medicine

School of Medicine - Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Lukas Bld., Room L-401, Pluit Raya 2, North Jakarta 14440

Phone: +62 21 669 4366, 669 3168 ext 252

e-mail: damianusjmed@atmajaya.ac.id

p-ISSN: 2086-4256