HUBUNGAN DURASI TIDUR MALAM DENGAN NILAI UJIAN MID BLOK REPRODUKSI MAHASISWA ANGKATAN 2010 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIKA ATMA JAYA

Zita Arieselia, Effendi Effendi, Poppy Kristina Sasmita

Sari


Latar Belakang : Tidur merupakan suatu kebutuhan dasar bagi manusia. Selama tidur, terjadi berbagai mekanisme yang berguna untuk kehidupan sebagai manusia. Salah satu mekanisme penting yang terjadi pada saat kita tidur, yaitu konsolidasi memori. Konsolidasi memori ini berfungsi untuk mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi tidur dengan nilai ujian mahasiswa.

Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya angkatan 2010 sebagai responden, untuk mendapatkan data durasi tidur malam dan nilai mid blok reproduksi setiap responden. Dua puluh mahasiswa menjadi responden.

Hasil : Rerata durasi tidur malam adalah 5,915 jam dan rerata nilai mid blok reproduksi adalah 52,5. Data dari responden kemudian dianalisis dengan metode Pearson menggunakan SPSS, kemudian didapatkan nilai korelasi PearsonĀ  = 0,81.

Kesimpulan : Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan antara durasi tidur malam dengan nilai ujian mid blok reproduksi mahasiswa angkatan 2010. Proses konsolidasi memori sendiri bergantung pada hipokampus. Perubahan memori jangka pendek menjadi jangka panjang ini sendiri dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya terdapat pengaruh dari aktivitas kolinergik yang mengaktivasi hipokampus. Selain itu, terdapat sebuah mekanisme yang disebut sebagai plastisitas otak yang juga berperan dalam konsolidasi memori ini. Dari hal-hal tersebut tentunya terdapat hubungan yang erat antara durasi tidur seseorang dengan daya ingat yang kemudian akan berpengaruh pada nilai ujian yang didapat seorang mahasiswa.

Kata Kunci


hipokampus, konsolidasi memori, memori, nilai ujian, plastisitas otak, tidur.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Damianus Journal of Medicine

School of Medicine - Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Lukas Bld., Room L-401, Pluit Raya 2, North Jakarta 14440

Phone: +62 21 669 4366, 669 3168 ext 252

e-mail: damianusjmed@atmajaya.ac.id

p-ISSN: 2086-4256