Perspektif Mahasiswa terhadap Visualized Peer-Assisted Learning di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya

Revy Aditya Suryadi, Elisabeth Rukmini

Sari


Peer Assisted Learning (PAL) adalah pendekatan pembelajaran berfokus pada mahasiswa dengan peer-tutor (PT) sebagai pembimbing yang merupakan teman mahasiswa bagi tutee. PAL memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu mahasiswa untuk belajar lebih efektif. Visualized-PAL (VPAL) merupakan modifikasi PAL dengan materi visualisasi yang disiapkan oleh para PT. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pendapat mahasiswa tentang proses belajar mereka dengan menggunakan VPAL serta evaluasi terhadap VPAL. Studi ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap sekelompok mahasiswa yang dipilih secara purposive. Kriteria pemilihan mahasiswa dengan melihat keaktifan ataupun ketidakaktifan mahasiswa selama proses VPAL dengan para PT. Pertanyaan yang diajukan bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang proses belajarnya setelah menggunakan VPAL, kelebihan dan kekurangan VPAL, serta apakah mahasiswa menyetujui agar VPAL dapat diteruskan pelaksanaannya di FKUAJ sebagai bagian dari pendekatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan VPAL memang digemari oleh pesertanya karena memiliki aspek-aspek yang tidak dimiliki metode belajar lain, seperti atmosfer pembelajaran, materi visual, fleksibilitas proses belajar. Sesuai hasil yang sudah didapatkan, penulis merekomendasikan agar VPAL dengan peningkatan mutu perbaikan tetap dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya sebagai salah satu metode belajar di FKUAJ.

Kata Kunci


Peer-Assisted Learning. Peer-Tutor. Visualization

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Damianus Journal of Medicine

School of Medicine - Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Lukas Bld., Room L-401, Pluit Raya 2, North Jakarta 14440

Phone: +62 21 669 4366, 669 3168 ext 252

e-mail: damianusjmed@atmajaya.ac.id

p-ISSN: 2086-4256