Kualitas Hidup pada Lansia dengan Gangguan Kognitif dan Mental: Studi Cross Sectional di Kelurahan Kalianyar, Jakarta Barat

Esther Rita Haris, Ricci Steven, Yvonne Suzy Handajani

Sari


Latar Belakang: Peningkatan harapan hidup setiap tahun berdampak terhadap kesehatan lansia, khususnya gangguan fungsi kognitif dan mental, seperti demensia dan depresi. Gangguan fungsi tersebut berpengaruh terhadap skor kualitas hidup lansia. Di Indonesia, data statistik yang menggambarkan hubungan langsung antara gangguan kognitif dan mental dengan kualitas hidup masih sangat sedikit.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hidup pada lansia dengan demensia dan/atau depresi.

Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dengan desain cross-sectional dan jumlah responden sebanyak 103 lansia yang berusia > 60 tahun di Kelurahan Kalianyar, Jakarta Barat.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan demensia dan depresi berdampak pada kualitas hidup, baik secara umum maupun domain kualitas hidup (p <0,05). Karakteristik responden, termasuk jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan kondisi sosial ekonomi responden, sebagian besar berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia. Responden yang mengalami kedua gangguan tersebut mempunyai skor lebih rendah pada setiap domain kualitas hidup.

Kesimpulan: Demensia dan/atau depresi berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia di Kelurahan Kalianyar, Jakarta Barat.

Kata Kunci


Demensia, depresi, kualitas hidup, Kalianyar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Damianus Journal of Medicine

School of Medicine - Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Lukas Bld., Room L-401, Pluit Raya 2, North Jakarta 14440

Phone: +62 21 669 4366, 669 3168 ext 252

e-mail: damianusjmed@atmajaya.ac.id

p-ISSN: 2086-4256