FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR TIGA MAHASISWA ANGKATAN 2013 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA UNIKA ATMA JAYA JAKARTA

Martha Fransisca

Abstract


Abstrak

Faktor internal yang berperan dalam proses belajar digolongkan menjadi dua, yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik mencakup aspek kesehatan dan kelelahan fisik. Faktor psikis mencakup aspek perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kelelahan psikis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor internal yang berperan dalam proses dan prestasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi terhadap subjek penelitian, dan triangulasi sumber data dengan teman, orangtua, dan dosen pembimbing akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor fisik dan psikis saling berperan pada ketiga subjek dalam proses dan prestasi belajar. Hasil penelitian ditinjau dari faktor fisikmenunjukkan ketiga subjek memiliki masalah dalam kesehatan dan kelelahan fisik, tetapi ditinjau dari faktor psikis, ketiga subjek memiliki kondisi yang baik. Faktor fisik yang bermasalah tidak mempengaruhi ketiga subjek dalam mencapai prestasi belajar, karena ketiga subjek memiliki kondisi psikologis yang baik, sehingga ketiga subjek dapat melaksanakan proses belajar dan mencapai prestasi belajar.

Kata kunci: faktor fisik, faktor psikis, proses belajar

Abstract

Internal factors that play a role in the learning process can be classified into two: physical factors and psychological factors. The former refers to the physical health and fatigue, and the latter covers such aspects as attention, talents, motives, maturity, and psychological fatigue. This aim of this study is to find out internal factors which play a role in the students learning process and learning accomplishment. Data were gathered through interviews, observations, and data triangulation with friends, parents, and academic advisors. Results showed that both internal factors play a role in the learning process. From the physical factors, it was found that the subjects had problems in physical health and fatigue, while from the psychological factors they had a good condition. However, these physical problems did not impact on their efforts to attain learning accomplishment, as they had a good psychological condition.  

Key words: physical factors,  psychological factors, learning process

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Published by:

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Address: FPB UNIKA ATMA JAYA, Gedung G. Lt. 2 Jl. Jend. Sudirman 51 Jakarta Selatan, Telp/fax 5708821, Email: j.psikoedukasi@atmajaya.ac.id
 
 
Creative Commons License
Psiko Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.