Archives

2017

Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Psiko-Edukasi Vol. 15. No. 1

Fenomena kasus-kasus yang terjadi dan dialami oleh para remaja akhir-akhir ini memerlukan atensi khusus dari para pendidik, baik orangtua dalam keluarga maupun para guru di sekolah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh para pendidik di sekolah berupa program pembinaan remaja yang dilakukan secara terprogram. Peran guru Bimbingan dan Konseling diharapkan lebih  proaktif dalam program layanan kepada peserta didik. Topik-topik yang perlu dibahas dan dikembangkan dalam diri siswa sekolah menengah, antara lain: mempunyai regulasi diri dalam belajar, mampu menerima diri, mampu menyesuaikan diri terhadap relasi sosial, dan memiliki harga diri positif.
Edisi jurnal Psikoedukasi pada Mei 2017 menyajikan tujuh artikel yang membahas kondisi siswa, mahasiswa, dan karyawan.  Permasalahan yang berfokus pada kondisi siswa dibahas dalam empat artikel dengan judul “Regulasi diri dalam belajar dua siswa SMP Bhakti Nusa yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal”; “Penerimaan diri siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Sion Jakarta Barat”; Hubungan persepsi terhadap pola asuh orangtua dan harga diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur Bekasi” dan “Sikap siswa kelas IX terhadap pelaksanaan Layanan Informasi di SMP Santa Maria Jakarta”.
Sajian artikel yang membahas lingkup bimbingan dan konseling dapat dibaca pada dua artikel yaitu  “Kompetensi pendidik para lulusan prodi Bimbingan Konseling Unika Atma Jaya” dan “Persepsi mahasiswa prodi Bimbingan Konseling terhadap iklim sosial di lingkungan prodi Bimbingan Konseling”. Satu artikel membahas mengenai lingkungan kerja yaitu “Hubungan persepsi terhadap gaya kepemimpinan situasional dengan perilaku kewargaan organisasional karyawan PT GAM”.
Jurnal ini dapat dipublikasikan karena sumbangsih para penulis. Terima kasih kepada para dosen dan para alumni yang telah menyajikan karya ilmiahnya untuk para pembaca. Hasil pemikiran dan penelitian yang dipublikasikan merupakan khasanah pengetahuan yang bermakna bagi para pembaca dalam usaha pengembangan karya dalam bidang pendidikan, pembelajaran, dan konseling. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Jakarta, Mei 2017
                            Penyunting



2014

Vol 12, No 2 (2014): PSIKO EDUKASI VOLUME 12 NO. 2 2014


Berbagai hasil penelitian mengenai kecerdasan spiritual dikaji dalam artikel dengan judul “Upaya pengembangan kecerdasan spiritual”. Dua artikel membahas mengenai proses pembelajaran yaitu “Pendekatan pembelajaran blended: pengembangan pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama” dan “Penerapan model pembelajaran bermain peran pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Strada Wiyatasana Jakarta Selatan. Guru perlu juga memahami karakteristik peserta didik yang memerlukan bimbingan khusus. Satu artikel yang secara spesifik membahas kajian penanganan peserta didik dengan judul “Penyuluhan karakteristik anak usia SD dan screening anak berkebutuhan khusus (ABK)”.
    Hasil penelitian empiris lainnya disajikan dalam tiga artikel yang membahas mengenai sumber daya manusia di tempat kerja.  Ketiga artikel tersebut meliputi judul “Hubungan antara persepsi karyawan terhadap gaya kepemimpinan dan dampak stres kerja di PT Primagraphia Digital Jakarta”; “Hubungan kualitas kehidupan kerja dengan kepuasan kerja karyawan toko buku Gramedia cabang Mal Taman Anggrek”; dan “Hubungan antara persepsi terhadap budaya organisasi dan kualitas kehidupan kerja karyawan toko buku Gramedia Central Park Jakarta.

    


ISSN: 1412-9310